Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Redirect HTTP ke HTTPS untuk W38S


Untuk memaksimalkan keamanan, secure socket layer atau lebih dikenal sebagai SSL diperlukan untuk membangun koneksi aman ke website. Namun, memasang SSL saja tidak cukup jika belum melakukan redirect dari HTTP ke HTTPS. Untuk mengetahui apakah website sudah redirect ke HTTPS atau belum, bisa dengan mengetikkan nama domain diawali http:// contohnya:
http://scriptwebpulsa.com
Perhatikan apakah URL langsung berubah awalannya menjadi https:// ? Jika berubah maka sudah redirect ke https, namun jika tetap http dan ada ikon tanda seru di samping kiri URL, artinya belum redirect ke https.

Bagi pengguna W38S, untuk melakukan redirect ke HTTPS tidak boleh melalui editan di file .htaccess, tapi edit pada file index.php. Panduannya silakan ikuti langkah berikut ini:

  1. Login ke panel VPS (aaPanel / cPanel / Direct Admin / Webuzo / Cyber Panel / dll) yang kamu gunakan.
  2. Cari menu File Manager (berbeda panel mungkin namanya beda, intinya menu untuk melakukan edit file), kemudian pada file manager buka public_html lalu cari file dengan nama index.php lalu edit file tersebut.
  3. Perhatikan pada bagian atas file terdapat karakter " /* " dan juga " */ " hapus kedua tanda tersebut. Hanya hapus tanda nya saja, jangan hapus script yang ada di antara tanda tersebut. Tanda tersebut masing-masing hanya ada satu, perhatikan gambar berikut:
    Hapus tanda /* dan */.
  4. Setelah dihapus tanda " /* " dan " */ " nya kemudian simpan.
  5. Cek kembali dengan mengetik URL website di browser dan pastikan sudah redirect https.
Semoga bermanfaat, bagi pemilik website khususnya pengguna W38S, mohon untuk selalu memasang SSL dan menerapkan redirect HTTP ke HTTPS guna memaksimalkan keamanan.
Terimakasih kepada semua pihak yang sudah memberikan ilmunya sehingga bisa dibuat panduan ini. Semoga selalu diberikan keberkahan dalam menjalankan bisnis pulsa.
W38S Software untuk Cloud Server Pulsa.